RSS

20 Perilaku durhaka anak terhadap orang tua

01 Jan

Sebagai anak seorang muslim, apakah yang kita lakukan / katakan terhadap orang tua kita sudah sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah. Berikut ini rangkuman dari buku karangan Drs. M. Thalib yang berjudul ” 20 Perilaku durhaka anak terhadap orang tua” . semoga infomasi ini dapat menambah wawasan dan memperbaiki perilaku kita terhadap setiap orang tua yang kita temui. #Amin

1. Berbicara dengan kata – kata kasar.

Tanda seseorang beradab adalah bertutur kata dengan kata – kata yang halus karena hal itu menunjukkan bahwa orangnya berbudi dan tahu kesopanan dan berjiwa halus. Terhadap orang yang lebih tua, seorang anak harus menunjukkan

Dari Ibnu ‘Amr, dari Nabi SAW bersabda : “Keridlaan ALLAH ada dalam keridlaan ayah bunda dan kemurkaan-Nya ada dalam kemurkaan mereka ” (HR. Thabarani)

Kata – kata kasar dan ucapan yang merendahkan terkadang berupa :

  • Bersuara tinggi atau keras ketika kita berbicara terhadap orang yang lebih tua
  • Menyuruh seseorang yang lebih tua dengan kata – kata yang kasar. Ex : meminta tolong tanpa mengatakan tolong “Bu, bukakan pintu”
  • Menyindir
  • Mengumpat
  • Mengata – ngatai seseorang yang lebih tua layaknya mengatai seorang pembantu
  • Membentak

2. Membuang muka

Membuang muka ketika berbicara dengan orang lain merupakan perilaku yang merendahakan lawan bicara dan cerminan dari sifat tinggi hati sang pendengar / pembicara yang memalingkan muka.

3. Duduk mendahului orang tua

Mendahulukan orang tua mengambil tempat duduk adalah hak orang tua yang harus dijunjung tinggi oleh anak dimana pun orang tua dan anak berada.

4. Menghardik

Menghardik berarti membentak atau melontarkan kata – kata dengan nada suara yang keras. Menghardik dimaksudkan untuk menakut – nakuti atau meluruskan sebuah kesalahan bila yang bersalah lebih muda dalam umur dan statusnya.

5. Berkacak pinggang di depan orang tua

Orang beradab tinggi selalu bersikap rendah hati terhadap orang lain. Salah satu tanda dari sikap tinggi hati adalah berkacak pinggang di hadapan orang lain karena merasa dirinya lebih hebat daripada orang lain. Berperasaan orang lain lebih rendah derajatnya atau hina daripada dirinya adalah suatu perbuatan yg sangat tercela dan dimurkai oleh ALLAH. Contoh merendahakan derajat orang lain adalah ” Saudara ini lulusan SD, apakah mungkin saudara mengerti benar dan salah dari perkara yang ada” .

6. Membelakangi

Penjelasan sama dengan perilaku “membuaang muka”

7. Merendahkan

Merendahkan dalam artian memandang orang lain lebih rendah derajatnya /  kurang di mata kita. Merendahkan bisa berupa ucapan maupun perbuatan. Contoh kasus anak yang merendahkan orang tua :

“Kalau tidak saya bantu setiap bulan, tentu ibu bapak tidak bisa hidup”

Ucapan tersebut jelas  – jelas merendahkan martabat orang tua karena memang sudah menjadi tanggung jawab serorang anak untuk membantu kehidupan ibu bapaknya.

8. Memaki

9. Mengingkari Nasab (garis keturunan)

Dari Sa’id bin Abu Waqqash, sesungguhnya Rasulullah saw bersabda : “Barang siapa menisbatkan dirinya kepada orang lain yang bukan bapaknya, padahal ia tahu bahwa orang itu bukan bapaknya, maka ia diharamkan untuk memasuki surga” (HR Bukhari dan Muslim)” .

Nasab adalah Garis keturunan orang tua , anak, dan keturunan yang lainnya. sedangkan yang dimaksud dengan mengingkari Nasab adalah seseorang yang menolak dirinya sebagai keturunan dari orang tuanya atau sebaliknya orang tua yang mengingkari anaknya sebagi keturunannya. Seburuk apapun orang tua , sejahat apapun orang tua berprilaku terhadap anak , kita sebagi garis keturunannya tidak boleh sedikitpun mengingkari Nasab.

10. Mengubah wasiat orang tua

QS. Al – Baqarah (2) Ayat 181 :

فَمَنْ بَدَّلَهُ بَعْدَمَا سَمِعَهُ فَإِنَّمَا إِثْمُهُ عَلَى الَّذِينَ يُبَدِّلُونَهُ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
Maka barang siapa yang mengubah wasiat itu, setelah ia mendengarnya, maka sesungguhnya dosanya adalah bagi orang-orang yang mengubahnya. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(QS. 2:181)
Wasiat adalah pesan yang diberikan oleh orang tua atau seseorang semasa hidupnya untuk dilaksanakan oleh yang diberi pesan kelas sepeninggal pemberi wasiat. Orang tua sering kali meninggalkan pesan – pesan tertentu kepada anak dan keluarganya untuk kelak dilaksanakan oleh mereka sepeninggalnya.

11. Mengenyampingkan kepentingan orang tua.

12. Mengambil Harta orang tua tanpa hak

13. Menghina agama orang tua

14. Tidak mau mengurus orang tua yang telah lanjut usia

15. Melawan perintahnya

16. Pergi berjihad tanpa izin orang tua

17. Mendendam

18. Memasuki kamar pribadi orang tua pada 3 waktu terlarang tanpa izin
Firman Allah dalam QS. An-Nur : 58 dan 59:

(58): “Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum baligh di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari), yaitu: sebelum sembahyang subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)-mu di tengah hari, dan sesudah sembahyang Isya’. (Itulah) tiga ‘aurat bagi kamu[1]. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu[2]. Mereka melayani kamu, sebahagian kamu (ada keperluan) kepada sebahagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

19. Membiarkan orang tua menjadi budak

Budak adalah sesorang yang dimiliki oleh orang lain laksana barang atau hewan yang kehilangan kebebasan atas dirinya dan tidak mempunyai kemauan bebas, sehingga dia hanya menjadi alat bagi kepentingan tuannya.

20. Membunuh

QS An – Nisaa’ 93 :

“Dan barangsiapa membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam. Ia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya, mengutukinya, dan menyediakan adzab yang besar baginya.”

Semoga informasi yang telah dibaca ini dapat menambah keimanan kita dan menambah wawasan dan kecintaan kita terhadap orang tua kita. #amin

 
2 Comments

Posted by on 1 January 2012 in Belajar agama

 

Tags:

2 responses to “20 Perilaku durhaka anak terhadap orang tua

  1. Arif

    26 January 2013 at 19:10

    yang nomor 20 sama kyk yg versi buddhis, membunuh orang tua balasannya jahanam (neraka avici)

     
  2. dedeh

    20 February 2013 at 15:24

    tanks ya

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: