RSS

15 Tips untuk menjaga / mengurangi berat badan anda

24 Dec

1. Pahami makanan yang anda makan.
Dengan memahami berapa jumlah kalori yang terdapat dalam makanan anda maka hal tersebut dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan dan merubah pola hidup menjadi pola hidup sehat.
2. Rencanakan makanan untuk liburan anda.
Rencanakan makanan dan cemilan dengan aturan sesuai dengan tips pertama sehingga anda masih dapat menikmati makanan favorit anda tanpa keluar dari jalur pola hidup sehat. Contohnya menentukan makanan apa saja untuk hari tertentu dengan memahami jumlah kebutuhan kalori harian anda.

3. Lihatlah kalori yang ada dalam makanan anda.
Gunakanlah sparkrecipes.com untuk menghitung informasi nutrisi yang terkandung dalam makanan favoritmu. Jika anda tidak mampu menahan diri untuk memakan makanan yang ada maka bukalah sparkrecipes.com dan buatlah keputusan setelah anda mengetahui berapa jumlah kalori yang ada dalam makanan tersebut apakah masih sesuai dengan perencanaan anda #tips no. 2

4. Buatlah prioritas untuk berolahraga.
Olahraga sangatlah penting untuk menjaga vitalitas tubuh anda. Jangan biarkan tubuh anda membundar kembali setelah bermacam – macam usaha yang anda lakukan untuk menjaga atau mengurangi berat badan. Usahakan untuk menyeimbangkan asupan kalori yang masuk kedalam tubuh dengan kalori yang terbuang setelah anda beraktifitas.

5. Buatlah rencana olahraga anda seperti anda membuat sebuah janji.
Semoga anda penganut paham “ Janji harus ditepati, agar tidak mengecewakan orang lain” , sehingga jadwal olahraga untuk menjaga kebugaran tidak terlewatkan.

6. Bawalah makanan sendiri.
Jika anda berpergian ke kantor atau tempat dimana anda beraktifitas dalam waktu yang cukup lama maka bawalah sendiri makanan anda yang sesuai dengan kebutuhan kalori anda setiap hari.

7. Tambahkan 10 menit ekstra untuk kardio atau olahraga dalam harimu.
Beberapa ahli mengatakan bahwa menambahkan 10 menit ekstra dalam olahraga anda maka akan memberikan anda sedikit kelonggaran untuk mengkonsumsi makanan favorit anda.

8. Jagalah pola hidup aktif anda.
Ingatlah mengerjakan tugas tidak sama dengan berjalan atau berolahraga. Akan tetapi menambahkan selipan aktivitas tambahan dalam keseharian anda dapat menjaga kebugaran tubuh anda dan menyegarkan pikiran anda dari segala permasalahan yang ada.

9. Simpanlah makanan darurat di sekitar anda.
Sediakanlah makanan darurat untuk menjaga kebutuhan anda untuk menjaga ketidakmampuan diri untuk menahan nafsu makan setelah melihat makanan – makanan lezat yang tidak sesuai dengan perencanaan konsumsi kebutuhan kalori anda.

10. Perhatikan porsi kebutuhan kalori anda.
Terkadang sekali – kali memberikan “hadiah” untuk perut anda itu lebih baik daripada menahan diri untuk tidak menikmati menu makanan favorit anda.

11. Minumlah air putih.
Menurut penelitian, ketika seseorang minum air putih lebih banyak dari biasanya pada akhirnya seseorang tersebut dapat mengurangi jumlah asupan makanan yang dibutuhkan. Minum di sela – sela makan dapat membantu anda untuk merasa kenyang lebih cepat.

12. Bangun tidur disertai dengan berolahraga kecil.
Orang yang berolahraga setelah terbangun dari tidurnya di pagi hari lebih cenderung untuk berolahraga secara teratur daripada mereka yang terbangun tanpa disertai olahraga ringan.

13. Jangan makan dengan pikiran seolah – olah itu adalah makanan terakhir anda.
Dengan banyaknya makanan yang disediakan di warung cepat saji, ingatlah bahwa anda masih memiliki kesempatan untuk mengkonsumsi makanan tersebut di kemudian hari sehingga anda tidak perlu merubah perencanaan anda.
14. Makanlah dengan pelan jangan tergesa – gesa.
Dengan menikmati makanan secara pelan – pelan, anda dapat mengkonsumsi lebih sedikit makanan yang ada dengan kepuasan dan ketahuilah rasa lapar anda sebelum terlambat.

15. Jagalah diri anda dari hadiah berupa makanan.

Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan lebih untuk anda.
Selamat mencoba semua tips” diatas untuk menjaga perut anda dari kelebihan lemak😀

Sumber

 
1 Comment

Posted by on 24 December 2011 in Tambah Pengetahuanmu

 

Tags: , , , , , ,

One response to “15 Tips untuk menjaga / mengurangi berat badan anda

  1. Cara Mengurangi Berat Badan

    30 April 2012 at 13:36

    Ada cara yang lebih praktis gak ya?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: